hardware komputer


Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
prosesor
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
gambar-211.jpg
keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
mouse
perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
gambar-213a.jpg
Touch Pad
gambar-213b.jpg
Touch Pad Track Ball
gambar-213c.jpg
Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
gambar-217.jpg
Barcode Reader
gambar-216.jpg
contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
graphics_pads

2. Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
power supply
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini
RAM
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
kartu grafis
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini
prosesor
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
motherboard

3. Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
monitor
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail
printer
speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
speaker

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
harddisk

5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail
kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
kartu suara

motherboard


Motherboard terbaru dengan Sata 3.0

Sebagaimana yang kita ketahui, -IO baru saja mengembangkan standar untuk SATA 3.0 yang memberikan peningkatan terhadap kecepatan transfer rate pada harddisk dalam berkomunikasi, lalu kini beberapa vendor baru baru ini telah merelease beberapa produk  baru mereka dengan dukungan interface ini.
asus p6x58 278x300 Motherboard terbaru dengan Sata 3.0
 P6 dengan Sata 3.0 dan USB 3.0
ASUS kabarnya akan menjadi the first motherboard yang akan mendukung teknologi  interface SATA 6Gbps ini. Dibandingkan dengan SATA II (3Gbps) interface standard SATA terbaru ini secara teoritis memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat hingga 2x lipat, sehingga ini memungkinkan bagi  untuk mencapai tingkat performance yang lebih tinggi. ASUS P6X58 dikabarkan akan menjadi produk yang pertama untuk men support interface terbaru ini, tidak lupa, motherboard ini juga telah menggunakan USB 3.0. Namun sebagai pionir dari USB 3.0 controller terdapat kelemahan pada SATA 6Gbps.
Controller SATA 6Gbps pertama yang digunakan oleh ASUS adalah buatan dari Silicon Image menurut rumornya controller ini mendapat bottleneck. Sama seperti yang NEC lakukan saat membuat expansion card untuk USB 3.0 interface secara tidak langsung ini akan mengurangi kecepatan SATA chip yang terhubung melalui PCI-Express x1.
Untuk sementara ini EVGA menahan status bug ini mengingat belum banyaknya unit harddisk yang menggunakan SATA 6Gbps.Ini berarti SATA 6Gbps controller memiliki kecepatan transfer yang terbatas, hanya mampu mencapai hingga 250MB/s, yang berarti kecepatan transfer nya menurun menjadi SATA 3Gbps. MenurutEVGA selaku pembuat chips memutuskan untuk mem postpone SATA interface baru ini dikarenakan storage units yang menggunakan SATA 6Gbps belum banyak beredar.

gigabyte with esata Motherboard terbaru dengan Sata 3.0
Interface baru gigabyte dengan e-sata baru
Gigabyte juga tampaknya serius dan antusias dengan kedatangan platform intel Core i5 terbarunya. Dikabarkan kalau Gigabyte GA-P55-UD5 akan memiliki beberapa fitur terbaru diantaranya SATA III (6Gbps) dengan mengkombinasikan SATA II/III chip dari Marvell, dan sebuah versi terbaru dari eSATA interface dimana didalam versi terbaru ini sudah memiliki power yang lasung dari eSATA connector dan ini mengilimasi extra USB port untuk penggunaan power.

Eropa


Jika Mesir mendapat julukan sebagai negeri seribu menara, Praha adalah kota ratusan menara. Juga dikenal sebagai kota emas.
Perjalanan keluarga pelancong ke Praha diawali oleh ajakan kawan mahasiswa di Dresden untuk bersama-sama kesana saat kami menanyakan tentang perlu tidaknya kita warga negara Indonesia dengan visa Schengen mengurus visa sebelum mengunjungi Republik Ceko. Taschan, teman kami tersebut memberikan link website konsulat Ceko di Dresden, membuat semuanya menjadi lebih jelas. Saat kami kesana, Republik Ceko belum menjadi anggota negara-negara Schengen.
Keindahan Praha sudah lama kami dengar sebelumnya. Setiap teman yang pernah kesana pasti merekomendasikan Praha kepada kami. Makanya kami memasukkan dalam daftar kota yang ingin kami kunjungi. Namun sebelumnya, untuk dapat kesana, kami mesti mengurus visa turis di Berlin. Selain tempat pengurusan jauh, ongkos perjalanan jadi membengkak. Itulah mengapa kami tak membuang kesempatan ketika pemerintah republik Ceko membuat peraturan baru bahwa kami bisa masuk tanpa visa jika lama tinggal tak lebih dari 5 hari.
Bersama teman-teman dari Dresden, kami membentuk sebuah rombongan besar dengan 4 keluarga, sisanya mahasiswa singleHari itu Sabtu pagi. Empat belas orang dewasa dan 4 anak kecil. Kami saling berkenalan di stasiun pusat Dresden, pagi itu.
Si ibu telah berusia 62 tahun asal Plzen, di barat daya Praha. Kami menyebutnya Ibu Tua. Saat itu masih bekerja dan tinggal di negara bagian Nordrhein-Westfalen, wilayah barat Jerman. Ibu Tua bercerita, saat masih remaja, di rumahnya tinggal seorang mahasiswa asal Indonesia. Wajahnya sangat eksotik, tuturnya.
Tak hanya mengobrol, kami juga menikmati pemandangan lewat jendela kereta. Jalur Dresden – Decin (Republik Ceko) melalui Erzgebirge, pegunungan di perbatasan Jerman – Ceko. Selama beberapa waktu lamanya kami disuguhi pemandangan berupa sungai dengan lereng-lerang batu hasil pahatan alam berwarna gelap. Juga lembah-lembah dan bukit-bukit menakjubkan.
Menjelang masuk kota Decin, dua orang petugas memeriksa paspor kami. Tanpa banyak bertanya, mereka membubuhkan stempel di setiap paspor, kecuali milik Ibu Tua. Saya senang sekali mendapat stempel baru di paspor. Sebab tak ada pembubuhan stempel saat kami memasuki negara Schengen seperti Austria, Belanda, Perancis, Belgia, dan Luxemburg yang pernah kami masuki.
Stasiun Praha – holesovice adalah pemberhentian kami. Berkesan tua, kusam dan kurang terawat.Tak ada lift atau tangga berjalan untuk memudahkan para penumpang.
Kami turun hingga ke lobi. Suami Taschan, Adila dan seorang bapak lainnya mencarikan tiket kendaraan umum untuk kami semua. Harganya sekira 2,75 euro dan berlaku 24 jam untuk semua kendaraan umum dalam kota. Bus, tram dan metro (tram bawah tanah).
Kira-kira 20 menit kami menunggu tram di sebuah halte. Tramnya merupakan model lama. Tinggi dengan sedikit tempat duduk di dalamnya. Agak susah jika membawa kereta dorong anak.
Tak banyak penumpang kala itu, sehingga kami bisa duduk setelah membubuhkan stempel di sebuah mesin dekat salah satu pintu masuk. Emak memandang ke luar jendela tram tiada henti. Tram menyeberangi sebuah jembatan di atas Sungai Vltava alias Moldau. Di kejauhan terlihat salah satu lambang keindahan Praha, Prager Burg (Istana Praha). Gedung-gedung tua Praha berdiri di mana-mana. Ah, Emak jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Benar-benar tiada merugi datang kemari.
Sejarah Praha, juga dikenal sebagai kota emas, telah berlangsung sejak 11 abad lalu. Bangunan-bangunan tua, yang hampir tak tersentuh ketika perang dunia kedua, meiliki bermacam corak dari jaman berbeda. Mulai romawi, gothik, renaissance, dan baroque. Dulunya, Praha terdiri dari kota-kota kecil yang sekarang menjadi kesatuan tak terpisahkan dan saling melengkapi.
Pukul tiga sore, perut kami telah cukup terisi. Badan mulai segar kembali. Dan daftar kunjungan hari ini telah berada di tangan. Semua mesti dipersiapkan dengan baik agar acara jalan-jalan makin lancar. Hanya kami berempat memutuskan mengitari kota bersama. Lainnya memilih rute perjalanannya sendiri-sendiri.
Di halte bawah di Ujezd, suasana kota turis semakin terasa. Sejak tahun 2000, jumlah kunjungan wisata ke Praha melonjak 2 kali lipat, mencapai hampir 7 juta wisatawan di tahun 2006. Berbagai bahasa utama dunia sering terdengar di kota ini. Dan wajah-wajah asing berkeliaran di mana-mana.
Cuaca cerah dan agak gerah sore itu. Tram tumpangan kami dipadati penumpang. Untung kami tak lama menumpang di dalamnya. Tujuan pertama kami, Karluv Most (Charles Bridge) dekat halte Malostranske Namesti.
Selain ramai pengunjung, ini adalah daerah macet. Mobil, sepeda, dan tram seakan berebut agar dapat lancar bergerak. Kafe dan toko-toko penjual souvenir dipadati manusia. Banyak juga tempat penukaran uang di daerah ini. Kami telah menukar uang kami di Jerman. Lebih aman untuk menghindari penipuan, demikian pesan seorang kerabat.
Kompleks istana Praha, terbesar di Eropa, terletak di atas bukit di daerah bernama Hradchin. Jalan kesana berupa tanjakan. Sekitarnya indah, namun membuat kami ngos-ngosan. Awalnya kami lewat trotoar di depan kafe-kafe mungil di rumah kuno. Atap bangunan rendah, mungkin dua meter lebih sedikit. Pintu dan jendelanya bagai gerbang dengan bagian atas membentuk setengah lingkaran. Trotoar sempit menjadi lebih sempit karena pemilik kafe menggelar kursi-kursi mereka di sana.
Memanjat bukit di atas jalan berbatu lengkap dengan kereta dorong anak adalah tantangan berat. Berkali-kali kami berhenti melemaskan kaki. Tak lama, karena tak ada tempat duduk untuk umum di situ. Kami akhirnya bisa istirahat cukup lama di undakan di bawah istana. Diriingi alunan musik seorang pengamen.
Istana Praha, salah satu magnet pengunjung. Di mana-mana tampak wisatawan sedang memotret. Ada yang membidik temannya dengan latar belakang istana, ada pula yang memotret detail bangunan. Segerombolan turis muda Korea terlihat sedang berfoto dengan gaya lucu, dengan tangan membentuk huruf V. Dua orang penjaga bediri tegap di gerbang istana. Mereka berseragam biru. Menjadi obyek foto bagi wisatawan.
Segera setelah atraksi rampung, kami berempat langsung berjalan menuju obyek wisata selanjutnya, namun tertahan sebentar ketika kami melihat sebuah restauran masakan indonesia, Sate. Kami mampir sebentar untuk minum teh rasa lemon dan memesan nasi goreng untuk dibawa pulang. Tak lama badan terasa lebih segar dan siap untuk berjalan selama beberapa jam lagi.
Dengan sebuah tram, kami berpindah ke arah kota. Banyak sekali gedung-gedung tua kami lewati sekilas. Di Narodni Divadlo, teater nasional, kami berhenti. Memotret sebentar Karluv Most di senja hari. Saat lampu-lampunya mulai bersinar.
Menyusuri Masarykovo Nabrezi, kami sempat menikmati suasana malam di tepi Sungai Moldau sebelum akhirnya berbelok ke Myslikove dengan tujuan pusat kota baru (Stare Mesto). Kami sempat kebingungan di dekat balai kota baru saat mencari jalan ke arah Vaclavske Namesti sehingga seorang lelaki muda menginformasikan tram pembawa kami kesana. Kami melewati wilayah pusat perbelanjaan utama di jantung kota. Saat itu waktu telah menunjukkan pukul delapan lebih. Namun kota masih terlihat sangat ramai.
Vaclavske Namesti adalah highlight Praha. Sebuah tempat terbuka, lengkap dengan boulevard, taman, hotel berarsitektur unik, pertokoan mahal, dan rumah makan di sekelilingnya. Lampu-lampu malam di sekitar museum dan patung Wenceslas membuatnya terlihat lebih spektakular. Daerah ini juga ramai pengunjung. Berbaur dengan para pemabuk dan gelandangan yang memenuhi bangku-bangku umum di sini.
Pukul setengah sepuluh malam, di Karluv Most masih saja terlihat ratusan orang hilir mudik. Dinginnya angin malam tak mampu mengusir para pelancong beranjak dari jembatan nan indah. Mereka memotret, dipotret, duduk-duduk sambil bercengkrama, dan berjalan berpasangan. Kami mampir di toko souvenir dekat gerbang jembatan. Semua cinderamata di kota ini terasa mahal bagi kami. Setelah lama menimbang, akhirnya saya hanya membeli sebuah gelas pajangan mini bergambar Karluv most.
Karluv most, jembatan teramai yang pernah saya lihat adalah tempat romantis. Temaram. Sebagian besar pengunjung berpasangan. Pemusik jalanan menambah melankoli suasana malam. Lampu-lampu berkelap-kelap di kejauhan. Barisan belasan patung di kedua dinding jembatan. Sejajar dengan belasan pengemis yang duduk bersimpuh di sepanjang jembatan. Sungguh pemandangan kontras.
Hari itu benar-benar melelahkan. Delapan jam lamanya kami menjelajahi kota, hampir tanpa waktu istirahat panjang. Berjalan kaki, naik bukit, naik turun tram. Semuanya kami lakoni hari itu.

hardware komputer

Posted by on | | 0 komentar

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
prosesor
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
gambar-211.jpg
keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
mouse
perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
gambar-213a.jpg
Touch Pad
gambar-213b.jpg
Touch Pad Track Ball
gambar-213c.jpg
Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
gambar-217.jpg
Barcode Reader
gambar-216.jpg
contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
graphics_pads

2. Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
power supply
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini
RAM
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
kartu grafis
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini
prosesor
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
motherboard

3. Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
monitor
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail
printer
speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
speaker

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
harddisk

5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail
kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
kartu suara

motherboard

Posted by on | | 0 komentar

Motherboard terbaru dengan Sata 3.0

Sebagaimana yang kita ketahui, -IO baru saja mengembangkan standar untuk SATA 3.0 yang memberikan peningkatan terhadap kecepatan transfer rate pada harddisk dalam berkomunikasi, lalu kini beberapa vendor baru baru ini telah merelease beberapa produk  baru mereka dengan dukungan interface ini.
asus p6x58 278x300 Motherboard terbaru dengan Sata 3.0
 P6 dengan Sata 3.0 dan USB 3.0
ASUS kabarnya akan menjadi the first motherboard yang akan mendukung teknologi  interface SATA 6Gbps ini. Dibandingkan dengan SATA II (3Gbps) interface standard SATA terbaru ini secara teoritis memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat hingga 2x lipat, sehingga ini memungkinkan bagi  untuk mencapai tingkat performance yang lebih tinggi. ASUS P6X58 dikabarkan akan menjadi produk yang pertama untuk men support interface terbaru ini, tidak lupa, motherboard ini juga telah menggunakan USB 3.0. Namun sebagai pionir dari USB 3.0 controller terdapat kelemahan pada SATA 6Gbps.
Controller SATA 6Gbps pertama yang digunakan oleh ASUS adalah buatan dari Silicon Image menurut rumornya controller ini mendapat bottleneck. Sama seperti yang NEC lakukan saat membuat expansion card untuk USB 3.0 interface secara tidak langsung ini akan mengurangi kecepatan SATA chip yang terhubung melalui PCI-Express x1.
Untuk sementara ini EVGA menahan status bug ini mengingat belum banyaknya unit harddisk yang menggunakan SATA 6Gbps.Ini berarti SATA 6Gbps controller memiliki kecepatan transfer yang terbatas, hanya mampu mencapai hingga 250MB/s, yang berarti kecepatan transfer nya menurun menjadi SATA 3Gbps. MenurutEVGA selaku pembuat chips memutuskan untuk mem postpone SATA interface baru ini dikarenakan storage units yang menggunakan SATA 6Gbps belum banyak beredar.

gigabyte with esata Motherboard terbaru dengan Sata 3.0
Interface baru gigabyte dengan e-sata baru
Gigabyte juga tampaknya serius dan antusias dengan kedatangan platform intel Core i5 terbarunya. Dikabarkan kalau Gigabyte GA-P55-UD5 akan memiliki beberapa fitur terbaru diantaranya SATA III (6Gbps) dengan mengkombinasikan SATA II/III chip dari Marvell, dan sebuah versi terbaru dari eSATA interface dimana didalam versi terbaru ini sudah memiliki power yang lasung dari eSATA connector dan ini mengilimasi extra USB port untuk penggunaan power.

Eropa

Posted by on | | 0 komentar

Jika Mesir mendapat julukan sebagai negeri seribu menara, Praha adalah kota ratusan menara. Juga dikenal sebagai kota emas.
Perjalanan keluarga pelancong ke Praha diawali oleh ajakan kawan mahasiswa di Dresden untuk bersama-sama kesana saat kami menanyakan tentang perlu tidaknya kita warga negara Indonesia dengan visa Schengen mengurus visa sebelum mengunjungi Republik Ceko. Taschan, teman kami tersebut memberikan link website konsulat Ceko di Dresden, membuat semuanya menjadi lebih jelas. Saat kami kesana, Republik Ceko belum menjadi anggota negara-negara Schengen.
Keindahan Praha sudah lama kami dengar sebelumnya. Setiap teman yang pernah kesana pasti merekomendasikan Praha kepada kami. Makanya kami memasukkan dalam daftar kota yang ingin kami kunjungi. Namun sebelumnya, untuk dapat kesana, kami mesti mengurus visa turis di Berlin. Selain tempat pengurusan jauh, ongkos perjalanan jadi membengkak. Itulah mengapa kami tak membuang kesempatan ketika pemerintah republik Ceko membuat peraturan baru bahwa kami bisa masuk tanpa visa jika lama tinggal tak lebih dari 5 hari.
Bersama teman-teman dari Dresden, kami membentuk sebuah rombongan besar dengan 4 keluarga, sisanya mahasiswa singleHari itu Sabtu pagi. Empat belas orang dewasa dan 4 anak kecil. Kami saling berkenalan di stasiun pusat Dresden, pagi itu.
Si ibu telah berusia 62 tahun asal Plzen, di barat daya Praha. Kami menyebutnya Ibu Tua. Saat itu masih bekerja dan tinggal di negara bagian Nordrhein-Westfalen, wilayah barat Jerman. Ibu Tua bercerita, saat masih remaja, di rumahnya tinggal seorang mahasiswa asal Indonesia. Wajahnya sangat eksotik, tuturnya.
Tak hanya mengobrol, kami juga menikmati pemandangan lewat jendela kereta. Jalur Dresden – Decin (Republik Ceko) melalui Erzgebirge, pegunungan di perbatasan Jerman – Ceko. Selama beberapa waktu lamanya kami disuguhi pemandangan berupa sungai dengan lereng-lerang batu hasil pahatan alam berwarna gelap. Juga lembah-lembah dan bukit-bukit menakjubkan.
Menjelang masuk kota Decin, dua orang petugas memeriksa paspor kami. Tanpa banyak bertanya, mereka membubuhkan stempel di setiap paspor, kecuali milik Ibu Tua. Saya senang sekali mendapat stempel baru di paspor. Sebab tak ada pembubuhan stempel saat kami memasuki negara Schengen seperti Austria, Belanda, Perancis, Belgia, dan Luxemburg yang pernah kami masuki.
Stasiun Praha – holesovice adalah pemberhentian kami. Berkesan tua, kusam dan kurang terawat.Tak ada lift atau tangga berjalan untuk memudahkan para penumpang.
Kami turun hingga ke lobi. Suami Taschan, Adila dan seorang bapak lainnya mencarikan tiket kendaraan umum untuk kami semua. Harganya sekira 2,75 euro dan berlaku 24 jam untuk semua kendaraan umum dalam kota. Bus, tram dan metro (tram bawah tanah).
Kira-kira 20 menit kami menunggu tram di sebuah halte. Tramnya merupakan model lama. Tinggi dengan sedikit tempat duduk di dalamnya. Agak susah jika membawa kereta dorong anak.
Tak banyak penumpang kala itu, sehingga kami bisa duduk setelah membubuhkan stempel di sebuah mesin dekat salah satu pintu masuk. Emak memandang ke luar jendela tram tiada henti. Tram menyeberangi sebuah jembatan di atas Sungai Vltava alias Moldau. Di kejauhan terlihat salah satu lambang keindahan Praha, Prager Burg (Istana Praha). Gedung-gedung tua Praha berdiri di mana-mana. Ah, Emak jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Benar-benar tiada merugi datang kemari.
Sejarah Praha, juga dikenal sebagai kota emas, telah berlangsung sejak 11 abad lalu. Bangunan-bangunan tua, yang hampir tak tersentuh ketika perang dunia kedua, meiliki bermacam corak dari jaman berbeda. Mulai romawi, gothik, renaissance, dan baroque. Dulunya, Praha terdiri dari kota-kota kecil yang sekarang menjadi kesatuan tak terpisahkan dan saling melengkapi.
Pukul tiga sore, perut kami telah cukup terisi. Badan mulai segar kembali. Dan daftar kunjungan hari ini telah berada di tangan. Semua mesti dipersiapkan dengan baik agar acara jalan-jalan makin lancar. Hanya kami berempat memutuskan mengitari kota bersama. Lainnya memilih rute perjalanannya sendiri-sendiri.
Di halte bawah di Ujezd, suasana kota turis semakin terasa. Sejak tahun 2000, jumlah kunjungan wisata ke Praha melonjak 2 kali lipat, mencapai hampir 7 juta wisatawan di tahun 2006. Berbagai bahasa utama dunia sering terdengar di kota ini. Dan wajah-wajah asing berkeliaran di mana-mana.
Cuaca cerah dan agak gerah sore itu. Tram tumpangan kami dipadati penumpang. Untung kami tak lama menumpang di dalamnya. Tujuan pertama kami, Karluv Most (Charles Bridge) dekat halte Malostranske Namesti.
Selain ramai pengunjung, ini adalah daerah macet. Mobil, sepeda, dan tram seakan berebut agar dapat lancar bergerak. Kafe dan toko-toko penjual souvenir dipadati manusia. Banyak juga tempat penukaran uang di daerah ini. Kami telah menukar uang kami di Jerman. Lebih aman untuk menghindari penipuan, demikian pesan seorang kerabat.
Kompleks istana Praha, terbesar di Eropa, terletak di atas bukit di daerah bernama Hradchin. Jalan kesana berupa tanjakan. Sekitarnya indah, namun membuat kami ngos-ngosan. Awalnya kami lewat trotoar di depan kafe-kafe mungil di rumah kuno. Atap bangunan rendah, mungkin dua meter lebih sedikit. Pintu dan jendelanya bagai gerbang dengan bagian atas membentuk setengah lingkaran. Trotoar sempit menjadi lebih sempit karena pemilik kafe menggelar kursi-kursi mereka di sana.
Memanjat bukit di atas jalan berbatu lengkap dengan kereta dorong anak adalah tantangan berat. Berkali-kali kami berhenti melemaskan kaki. Tak lama, karena tak ada tempat duduk untuk umum di situ. Kami akhirnya bisa istirahat cukup lama di undakan di bawah istana. Diriingi alunan musik seorang pengamen.
Istana Praha, salah satu magnet pengunjung. Di mana-mana tampak wisatawan sedang memotret. Ada yang membidik temannya dengan latar belakang istana, ada pula yang memotret detail bangunan. Segerombolan turis muda Korea terlihat sedang berfoto dengan gaya lucu, dengan tangan membentuk huruf V. Dua orang penjaga bediri tegap di gerbang istana. Mereka berseragam biru. Menjadi obyek foto bagi wisatawan.
Segera setelah atraksi rampung, kami berempat langsung berjalan menuju obyek wisata selanjutnya, namun tertahan sebentar ketika kami melihat sebuah restauran masakan indonesia, Sate. Kami mampir sebentar untuk minum teh rasa lemon dan memesan nasi goreng untuk dibawa pulang. Tak lama badan terasa lebih segar dan siap untuk berjalan selama beberapa jam lagi.
Dengan sebuah tram, kami berpindah ke arah kota. Banyak sekali gedung-gedung tua kami lewati sekilas. Di Narodni Divadlo, teater nasional, kami berhenti. Memotret sebentar Karluv Most di senja hari. Saat lampu-lampunya mulai bersinar.
Menyusuri Masarykovo Nabrezi, kami sempat menikmati suasana malam di tepi Sungai Moldau sebelum akhirnya berbelok ke Myslikove dengan tujuan pusat kota baru (Stare Mesto). Kami sempat kebingungan di dekat balai kota baru saat mencari jalan ke arah Vaclavske Namesti sehingga seorang lelaki muda menginformasikan tram pembawa kami kesana. Kami melewati wilayah pusat perbelanjaan utama di jantung kota. Saat itu waktu telah menunjukkan pukul delapan lebih. Namun kota masih terlihat sangat ramai.
Vaclavske Namesti adalah highlight Praha. Sebuah tempat terbuka, lengkap dengan boulevard, taman, hotel berarsitektur unik, pertokoan mahal, dan rumah makan di sekelilingnya. Lampu-lampu malam di sekitar museum dan patung Wenceslas membuatnya terlihat lebih spektakular. Daerah ini juga ramai pengunjung. Berbaur dengan para pemabuk dan gelandangan yang memenuhi bangku-bangku umum di sini.
Pukul setengah sepuluh malam, di Karluv Most masih saja terlihat ratusan orang hilir mudik. Dinginnya angin malam tak mampu mengusir para pelancong beranjak dari jembatan nan indah. Mereka memotret, dipotret, duduk-duduk sambil bercengkrama, dan berjalan berpasangan. Kami mampir di toko souvenir dekat gerbang jembatan. Semua cinderamata di kota ini terasa mahal bagi kami. Setelah lama menimbang, akhirnya saya hanya membeli sebuah gelas pajangan mini bergambar Karluv most.
Karluv most, jembatan teramai yang pernah saya lihat adalah tempat romantis. Temaram. Sebagian besar pengunjung berpasangan. Pemusik jalanan menambah melankoli suasana malam. Lampu-lampu berkelap-kelap di kejauhan. Barisan belasan patung di kedua dinding jembatan. Sejajar dengan belasan pengemis yang duduk bersimpuh di sepanjang jembatan. Sungguh pemandangan kontras.
Hari itu benar-benar melelahkan. Delapan jam lamanya kami menjelajahi kota, hampir tanpa waktu istirahat panjang. Berjalan kaki, naik bukit, naik turun tram. Semuanya kami lakoni hari itu.
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
chityrohhma
.jika ingin menjadi seseorang yang berharga lakukan semua dari diri mu sendiri.. .enjoy yourself guys =)
Lihat profil lengkapku

alexa

pengunjung

Map

Flag

free counters

bloguez.com

daftar isi

Followers

Search

5 ARTIKEL POPULER

Labels